Ciri Orang Dewasa Dengan Gangguan Hiperaktif

Selama ini perilaku hiperaktif atau ADHD (Attention-Deficit Hyperactivity Disorder) lebih banyak dialami anak-anak. Tetapi bukan berarti orang dewasa tak bisa mengalami ADHD. Untuk itu ketahui Ciri Orang Dewasa Dengan Gangguan Hiperaktif

Selamat datang kembali di salah satu situs Alfian Herbal yang merupakan distributor penjualan obat herbal online terpercaya dan sudah berpengalaman. Kami menyediakan berbagai macam obat herbal berkhasiat untuk mengobati segala penyakit, dari mulai penyakit ringan sampai penyakit berat. Salah satunya adalah menyediakan Obat Hepatitis B yakni QnC Jelly Gamat yang sudah terbukti ampuh, aman serta tanpa efek samping. Di kesempatan posting kali ini kami akan memberikan informasi yang cukup penting dan menarik yaitu mengenai Ciri Orang Dewasa Dengan Gangguan Hiperaktif. Tapi sebelum mengetahui ciri-cirinya, simak dulu sedikit informasi ADHD /  gangguan hiperaktif pada orang dewasa berikut ini, setelah itu barulah simak ciri-cirinya.

ciri-orang-dewasa-dengan-gangguan-hiperaktif

Ciri Orang Dewasa Dengan Gangguan Hiperaktif — Kebanyakan orang mengira bahwa ADHD (gangguan defisit perhatian dan hiperaktivitas) hanya dijumpai pada anak-anak. Tapi sebenarnya 30% -70% dari anak-anak dengan ADHD terus mengalami gejalanya hingga dewasa. Banyak orang dewasa yang selama bertahun-tahun tidak menyadari mereka sebenarnya memiliki ADHD.

ADHD atau Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder pada orang dewasa merupakan kondisi mental seseorang yang mengalami kesulitan untuk memusatkan perhatian, hiperaktif (perilaku yang tidak bisa diam) dan kebiasaan impulsif (kesulitan untuk menunda respon / dorongan untuk melakukan / mengatakan sesuatu yang tidak sabar). ADHD pada orang dewasa memiliki beberapa gejala, diantaranya hubungan interaksi yang tidak stabil, lemah dalam kemampuan kerja atau belajar, dan rendahnya kepercayaan diri.

ADHD selalu dimulai dari saat ia berusia anak-anak, akan tetapi pada beberapa kasus hal ini tidak dapat didiagnosis sampai mereka dewasa. Proses pengobatan untuk orang dewasa sama seperti pengobatan pada anak-anak, termasuk juga obat-obatan stimulus atau perawatan medis lainnya, konseling (psikoterapi) dan perawatan untuk kesehatan mental yang diperlukan.

ADHD atau yang disebut juga Attention-Deficit Disorder (ADD) and Hyperactivity memiliki dua aspek utama, yaitu inattention (kondisi dimana sulit untuk memusatkan perhatian) dan hiperaktif (perilaku yang tidak bisa diam) – kebiasaan impulsif (kesulitan untuk menunda respon / dorongan untuk melakukan / mengatakan sesuatu yang tidak sabar).

Gejala ADHD pada orang dewasa mengikuti pola sedikit berbeda dengan pada anak-anak, diantaranya adalah :

  • Sulit untuk hidup teratur

Orang dengan ADHD sulit untuk menjalankan berbagai tanggung jawab orang dewasa seperti bertanggung jawab dalam pekerjaan, mengatur anak, membayar pajak, dan lainnya.

  • Menyetir ugal-ugalan dan kecelakaan lalu lintas

ADHD menyebabkan seseorang kesulitan untuk fokus dalam mengerjakan sesuatu, seperti misalnya menyetir kendaraan. Akibatnya, orang dengan ADHD sering menyetir ugal-ugalan dan menyebabkan kecelakaan, sehingga akhirnya kehilangan izin mengemudi yang dimiliki.

  • Masalah rumah tangga

Banyak pasangan tanpa ADHD yang memiliki masalah rumah tangga, sehingga pernikahan yang tidak harmonis bukanlah sebuah tanda pasti bahwa seseorang mempunyai ADHD. Tetapi terdapat beberapa masalah rumah tangga yang diakibatkan ADHD, umumnya pasangan penderita ADHD yang tidak terdiagnosis akan mengeluh bahwa pasangannya sulit menjaga komitmen dan sering acuh tak acuh. Jika Anda adalah orang dengan ADHD, Anda mungkin tidak mengerti kenapa pasangan Anda kecewa, dan merasa bahwa Anda disalahkan oleh hal yang bukan merupakan kesalahan Anda.

  • Perhatian mudah teralihkan

Penderita ADHD sulit untuk bertahan di dunia kerja yang rumit dan dinamis seperti sekarang. Akibatnya kinerja mereka di lingkungan kerja buruk, sebanyak separuh penderita ADHD sulit untuk tetap bertahan di satu tempat kerja, dan umumnya mendapatkan gaji yang lebih sedikit dibanding rekan kerja karena performanya yang buruk. Orang dengan ADHD sering merasa bahwa telepon dan email yang masuk saat bekerja sangat mengganggu dan menyebabkan mereka sulit menyelesaikan tugasnya.

  • Kemampuan mendengar yang kurang

Apakah anda sering bengong saat meeting? Atau suami anda lupa untuk menjemput anak padahal sudah diingatkan melalui telepon berkali-kali? Kesulitan untuk memberikan perhatian menyebabkan orang dengan ADHD memiliki kemampuan mendengar yang kurang, akibatnya dapat timbul miskomunikasi dan masalah di lingkungan sosial dan kerja.

  • Sulit untuk relaks

Anak dengan ADHD cenderung hiperaktif dan tidak bisa diam, hal ini lebih sulit diamati pada orang dewasa. Walaupun tidak tampak hiperaktif, orang dewasa dengan ADHD biasanya sulit untuk relaks dan bersantai. Orang lain akan menilai penderita sebagai orang dengan pembawaan yang tidak tenang atau tegang.

  • Sulit untuk memulai suatu pekerjaan

Seperti anak dengan ADHD yang sering menunda PR dari sekolah, penderita ADHD dewasa cenderung untuk menunda pekerjaan, terutama apabila pekerjaanya membutuhkan fokus yang tinggi.

  • Sulit mengontrol emosi

Penderita ADHD biasanya lebih sering marah karena hal-hal kecil dan merasa bahwa mereka tidak punya kontrol atas emosinya. Walaupun begitu, kemarahan mereka biasanya cepat mereda.

  • Sering terlambat

Banyak hal yang menyebabkan orang dengan ADHD sering terlambat. Biasanya fokus mereka terpecah saat akan pergi ke suatu acara atau pergi bekerja, misalnya saja tiba-tiba penderita berpikir bahwa mobilnya kotor dan perlu dicuci terlebih dahulu saat berangkat bekerja. Orang dengan ADHD juga cenderung untuk meremehkan tugas yang diberikan sehingga sering menunda pengerjaannya.

  • Tidak bisa membuat skala prioritas

Sering kali penderita tidak bisa memprioritaskan hal-hal yang harus dilakukannya. Akibatnya mereka sering bekerja melewati deadline, padahal mereka hanya melakukan sesuatu yang tidak penting dan bisa ditunda sebelumnya.

Nah itu dia Ciri Orang Dewasa Dengan Gangguan Hiperaktif atau biasa dikenal dengan ADHD. Walaupun tidak membahayakan kesehatan, ADHD pada dewasa dapat mengganggu produktivitas dan kualitas hidup seseorang. Jika anda memiliki tanda-tanda diatas, jangan ragu untuk menemui dokter. Bicarakan juga kondisi yang anda alami dengan pasangan dan keluarga anda. Sekian dan semoga bermanfaat.

Baca Juga >> Makanan Yang Menurunkan Gairah Seksual

Ciri Orang Dewasa Dengan Gangguan Hiperaktif

Iklan

2 tanggapan untuk “Ciri Orang Dewasa Dengan Gangguan Hiperaktif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s